KECAMATAN PANGKALAN

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Pemberian Makanan Tambahan untuk balita Stunting di Nagari Manggilang

Admin
Kamis, 27 Juli 2023
462 Dibaca
...

Pangkalan 27 Juli 2023 Sekretaris Camat Pangkalan Koto Baru  Sudirman hadiri acara dalam rangka Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang diyakini akan menurunkan angka stunting.  Di Kenagarian Manggilang

Menurut Menkes, Pemberian Makanan Tambahan masih menjadi salah satu cara intervensi Kemenkes dalam menurunkan angka stunting di Indonesia. Saat ini, stunting di Indonesia berada di angka 21,7 persen, masih jauh dari target yakni 14 persen di 2024.

Angka stunting sejalan dengan tingkat produktivitas masyarakat Indonesia. Jika ingin mencapai bonus demografi yang maksimal, maka stunting harus ditekan serendah-rendahnya.

Pemberian makanan tambahan ini menggencarkan asupan protein hewani untuk mencegah stunting tersebut.

Penting untuk orang tua mengetahui ciri-ciri anak berpotensi mengalami stunting, salah satunya berat badan tidak naik selama dua pekan. Jika pada rentang waktu ini gizi anak tidak dicukupi dengan baik, risiko mereka mengalami stunting tinggi.

Tahapan anak yang stunting itu sama dengan kanker, deteksi awal stadium 1 dulu, nggak dirawat, masuk stadium 2-3.

Efek stunting jangka pendek meliputi terhambatnya perkembangan, penurunan fungsi kekebalan, penurunan fungsi kognitif, dan gangguan sistem pembakaran.

Sedangkan dalam jangka panjang meliputi obesitas, penurunan toleransi glukosa, penyakit jantung koroner, hipertensi, dan osteoporosis

Berita terkait
Selasa, 21 November 2023 439 Dibaca
Selasa, 15 November 2022 168 Dibaca
share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback